Harga udang Lobster laut, Exportir lobster laut jakarta, Lobster Beku Laut, Harga udang lobster makasar, Lobster air laut , Exportir lobster Mutiara , lobster Pasir , Harga Lobster Laut, Lobster Bambu , Exportir lobster Mutiara , lobster Pasir , Pembeli Lobster Laut , Harga Lobster laut jakarta , Buyyer Lobster Laut , Supplayer Lobster laut , Jual Beli Lobster Laut ,

Sabtu, 15 November 2014

Nelayan Paranggupito Panen Lobster dan Layur

WONOGIRI, suaramerdeka.com – Para nelayan dari Paranggupito, Kabupaten Wonogiri kini menikmati panen lobster dan ikan layur. Pasalnya, ombak di pantai selatan tersebut tidak terlalu tinggi, sehingga mereka mudah melaut untuk menangkap ikan atau menuruni tebing pantai untuk menangkap lobster.
Ketua Koperasi Nelayan Parang Bahari Paranggupito Dwi Hartono mengungkapkan, nelayan yang melaut merasakan panen ikan layur dan barakuda. “Ombaknya tidak terlalu besar sehingga nelayan berani melaut,” katanya, Rabu (12/11).
Kondisi laut yang cukup tenang juga membuat para nelayan tradisional lebih mudah mencari lobster. Mereka berani menuruni tebing-tebing pantai mencari umpan lobster. Kemudian  menggunakannya untuk memancing lobster dari atas tebing-tebing  karang tersebut.
Saat ini, harga lobster bisa mencapai Rp 300.000 per kilogram. Lobster-lobster itu dibeli oleh para pengepul yang berdatangan ke Paranggupito. Selanjutnya, mereka mengirimnya, hingga ke Jatim dan DIY.
Di sisi lain, Kabid Perikanan Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Wonogiri Heru Sutopo mengatakan, sekarang sedang berlangsung pergantian musim atau pancaroba. Kondisi itu perlu diwaspadai para petani perikanan darat dan petani karamba jaring apung di Waduk Gajah Mungkur (WGM).
“Suhu udara di sekitar waduk hanya sekitar 25 derajat celcius. Idealnya, suhu udara berkisar 28-30 derajat celcius. Penurunan suhu itu bisa berimbas pada kematian ikan,” terangnya. Untuk itu, pihaknya menyarankan agar para petani di karamba jaring apung WGM membatasi penebaran benihnya.
(Khalid Yogi/ CN40/ SM Network)


0 komentar:

Posting Komentar

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter